Wednesday, November 30, 2011

Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI

Pernah terpikirkan jika kamu bakal jadi seorang pejabat berwenang? Misalnya saja ketua RT, RW, Lurah, Bupati/Wali Kota, bahkan Presiden?

Mungkin bagi kebanyakan orang, itu cita-cita yang "wah". Banyak yang mendambakan untuk bisa memegang tampuk salah satu kepemimpinan di atas (abaikan RT dan RW), menjadi seorang executive. Tapi tau kan, kalo kepemimpinan di daerah kuasa itu biasanya terdiri atas eksekutif, legislatif, dan yudikatif (khusus Presidensil, Trias Politica). Eksekutif dipegang sama Presiden, Legislatif sama DPR, plus Yudikatif sama MA.

Naaaaah, yu kita bahas salah satunya. Di kesempatan sekarang, dalam rangka saya ikut "Lomba Blog dan Twit "Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI", saya bakal sedikit bahas soal salah satu yang termasuk di Legislatif, Utusan Daerah atau biasa disebut Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang kalo gabung sama DPR nantinya disebut MPR.


So, what's the meaning of DPD ???

Setau saya sih DPD itu bagian dari MPR, tapi sifatnya ini utusan daerah. Mereka-mereka ini punya wewenang legislasi, terus pertimbangan, & pengawasan. Intinya, mereka-mereka ini bertugas ngembangin daerah tempat dia berasal (ini dia utusan daerah real).

Oiya, nyambung ke topik awal. Saya kan ceritanya ngikut "Lomba Blog dan Twit "Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI", jadi saya kudu ngebayangin gimana kalo2 nanti saya beneran jadi kyk bapak-ibu yang gagah di Senayan :D

Saya udah twit nih semua andai-andai semisal saya jadi anggota DPD RI.




Dari gagasan-gagsan di atas, saya mah lebih nekenin yg "Pemberdayaan UKM dan usaha lokal lainnya". Bukan apa-apa, tpi kenyataan yg ada sekarang UKM-UKM daerah lokal itu kbnyakan tergerus, diganti sama industri-industri luar yg lbh berkembang. Dilematis sekaligus ironis. Ckckckck --"

Kebelibet sih bahasanya, tapi itu jg sebagian dari keinginan saya ngedukung pembangunan daerah dalam rangka pelaksanaan otonomi seutuhnya. Ide-idenya bisa, banyak orang pasti kepikiran kyk gitu. Tapi ya, this is me, dan itulah mimpi-mimpi yang seharusnya bisa diwujudin sama bapak-ibu anggota DPD RI nantinya.

Ayo, DPD RI Bisa !!!

Stay Calm, and Keep Smile (o^_^o)/

2 comments: