Saturday, December 17, 2011

Ayo Ngeblog: Bukan [Sekadar] Blogging Biasa

Pernah denger kata BLOG ?!
Audience : "Pernaaaaah!!!"
Kapan, trus dengernya darimana?
Audience : "Barusan. Tapi bukan denger sih, baca tulisan di atas tuh. BLOG."
Ealaaaah, malah becandaan jeh. Ditanya seriusan juga (¬_¬")
Okeokeoke, kalo kamu-kamu gamau jujur soal perasaan kamu yang terdalam perkara blog-blogan ini. Tenang, saya ga akan nyalahin koq. Karena kamu-kamu-kalian tadi jawab pertanyaan saya ngawur, so saya juga bakal sedikit posting yang [mungkin] ngawur juga :p Hheheheheee :)

Blogging, diliat dari struktur katanya sih kayaknya bukan kata Bahasa Indonesia. Dan emang bener, waktu saya cek di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) juga ga ada tuh kata Blogging atau Blog. Mentok-mentoknya juga malah dapet kata Blok bukan Blog


Oke ini kata Inggris deh ya, strukturnya kyk kebanyakan kata Bahasa Inggris lainnya sih. Daaaaan kalo nurutin ejaan Bahasa Inggris berarti kata dasarnya Blog dikasih akhiran -ing (Present Progressive, kegiatannya lg dilakuin -baru belajar kemarin-). Bener aja, ternyata pas kata Blogging saya coba terjemahin pake Google Translate dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, saya cuma dapet 4 kata yang kemungkinan arti dari Blogging. Tapi tapi tapi, koq artinya malah ngaco ya kata saya mah. Liat sendiri deh (ˇ_ˇ")​




Karena dari 2 sumber di atas (KBBI & GugTrans) saya gadapet "What the meaning of Blogging" itu, jadi saya coba nge-definisiin apa itu Blogging pake bahasa saya sendiri deh (-‿◕)

Blogging alias Nge-Blog menurut saya:
Aktivitas dunia maya yang super duper menyenangkan, tempat eksplorasi dari, ngebangun Networking, dan hal-hal lain lewat sebuah media yang disebut Blog.
Definisi seorang pemula sih itu tuh. Hhehehee, but itulah yang saya alamin dan rasain sendiri sama aktivitas Blogging ini.
Ngomong-ngomong soal Blogging, perlu saya kasih tau nih kalo bulan ini tuh udah nyaris sampe bulan ke-11 saya bergelut ngelola blog Noervous (http://noervous.blogspot.com/) yang di awal-awal kemunculannya saya kasih nama Toad's Diary (http://panggilsayakodok.blogspot.com/). Sebenernya, blog ini tuh bukan Blog pertama saya, dan emang saya udah mulai Blogging tuh sejak sekitaran 2 tahun yang lalu (sekitaran bulan Juli 2009). Ketularan sama semangat Blogging-nya kaka saya, akhirnya saya juga bikin blog pake main domain Blogger yang tujuannya buat ngerangkum materi-materi pelajaran saya selama di sekolah. Tapi sayangnya, dikarenakan awalnya cuma sekadar euforia massa itu blog perdana pun terbengkalai tanpa satupun postingan yang dipampang, walopun ada satu orang yang kesasar trus follow blog tanpa isi itu. (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)​


Naaaah, baru pas saya ngelola blog yang ke-3 saya 'rada-rada' serius. Ada beberapa posting-an yang saya pajang dan lumayan, dapet 2 followers (orang kesasar berikutnya). Sempet sih saya 2 kali pake main domain Wordpress, dan dua-duanya juga saya kelola sebaik-baiknya, lama juga loh itu umur 2 blog terakhir tadi. Tapi tapi tapi [lagi] akhirnya saya mutusin buat vaccum dari dunia per-Blog-an soalnya mau ngadepin UN waktu itu tuh. So, selamat tinggal [untuk sementara] dunia Blogging!!!
Cikal bakal #NoervousInc 




Sekitaran tanggal 15 Februari 2011, akhirnya saya resmi balik lagi kampung halaman dan ngegunain main domain Blogger [lagi] ƪ(˘⌣˘)┐┌(˘⌣˘)ʃ​ƪ(˘⌣˘)┐┌(˘⌣˘)ʃ​



Mengusung tema Diary Online, blog super simple itu pun direlease pake domain http://panggilsayakodok.blogspot.com/. Konsep Bukan [Sekadar] Blogging Biasa yang jadiin patokan cukup dapet tanggepan positif loh dari temen-temen saya. Ada sekitaran 19 orang followers kesasar (5 akun e-mail saya sendiri, 1 akun twitter saya, 4 akun e-mail sodara saya -dipaksa follow-, 3 akun temen kuliah saya, yang lainnya bener-bener kesasar).



Finally, berkisar di tanggal 11 Oktober 2011 saya resmi ngubah domain PSK (sebutan blog saya dulu) ke domain Noervous (✿◠‿◠)
Efek perubahan nama, kerajinan blog walking, ditambah komen-komen tiap ada postingan baru di blog orang, terus gabung komunitas Blogger Dreamer, ngelonjakkin kuantitas kunjungan blog saya tiap harinya. Gambar di atas itu statistik blog Noervous (paling bawah) sebelum perubahan nama. Dan boleh percaya boleh engga, kuantitas kunjungan ke blog saya sekarang udah sampe di angka 4000 lebih + 40an Followers (tanpa e-mail saya) dalam kurun waktu kurang dari sebulan. #Bangga #SujudSyukur #MataBerbelingBeling (‿◕)


Satu kalimat aja buat semua ini, "Blogging itu menyenangkan!!!" *teriak dari atas jurang*


Ayo ayo ayo... Akang-teteh, Mas-Mba, Uda-Uni, Kakak-adek, semuaaaaaanya, kita mulai budayakan tulis-menulis di blog a.k.a Blogging. Kembangkan kreasi, selami alam imajinasi, corat-coret pemikiran, terbangkan semua angan lewat sebutir makhluk tak bernyawa bernama Blog. Belum punya blog? Ya minimal nulis-nulis dulu di buku catatan atau notes FB deh. Kalo udah tertarik nge-blog, baru pindahin semuanya deh. Pesen saya sih, kalo bisa jangan sampe blog yang mau dibikin nanti itu hasil coppas ya (jujur, saya juga dulunya coppas skrang tobat). Buah tulisan sendiri itu lebih keren dan lebih bikin bangga loh. Yuk mulai Blogging yang bukan [sekadar] Blogging biasa :)

Kalo kamu-kamu punya cerita seru juga soal pengalaman nge-Blog kamu, share disini juga ya. Hheheheee, barangkali kita punya kesamaan nasib :p

Terima Kasih semuanya, terima kasih yang udah ngajarin saya nge-Blog, terima kasih yang udah mau nampung saya di komunitas Blogger-nya, dan terima kasih yang udah berkunjung-yang udah komentar-yang udah follow, dll.

Stay Calm and Keep Smile (o^_^o)/
And Keep Blogging too... (ˇ▼ˇ)-c<ˇ_ˇ)


Postingan ini diikutsertakan dalam Kontes Ayo Ngeblog: Saya Ngeblog, Kamu…??!! pada blog duniamuam

28 comments:

  1. @Mahardini Nastiti :. Thanks so much, sista' :D
    Eh eh eh, berniat dapet PR dari saya ga?

    ReplyDelete
  2. semangat nge-blognya yah bro, udah lama juga yah ngeblog hehe gw baru 2 bulan,

    ReplyDelete
  3. Hi.. how are you today my friend? Have a Happy Sunday to you..

    ReplyDelete
  4. kunjungan silahturahmi buat sahabat terbaik disana,,semoga sukses selalu,,makin keren nih blognya

    ReplyDelete
  5. @Abi Says Drunk :. iya, brad. semangaaaat!!! hheheheee, lumayan udah lama :)

    @mikexplorer :. Thanks for visiting my blog, dude :D Have a happy sunday too...

    ReplyDelete
  6. @Learn And Earn :. Hheheheeee, terima kasih atas kunjungannya, dab :)

    ReplyDelete
  7. wahhhh~ definisinya lengkap (◕‿◕)
    mantap nih nur ^^

    ~sukses ngontesnyaa

    ReplyDelete
  8. @Nurmayanti Zain :. Hheheheeee... terima kasih kunjungan & dukungannya (◠‿◠✿)

    ReplyDelete
  9. hihi, gue juga suka blogging. selain mendapatkan informasi juga sekalian promosi blog kita hehehew :D

    ReplyDelete
  10. @Yustie Amanda :. seTujuuuuh, seDelapan, seSembilaaan, seSepuluuuuh !!! :p

    ReplyDelete
  11. blogging itu sesuatu banget ;)) nambah-namabh ilmu+dapat banyak teman..

    ReplyDelete
  12. @Sparkles star :. sekali lagi, mesti bilang seTujuuuuh, seDelapan, seSembilaaan, seSepuluuuuh !!! :p

    ReplyDelete
  13. wah..lengkap yah definisi blognya...
    nama blog yang dulu juga lucu..hehehehe..
    terima kasih sudah berbagi...
    kami catat sebagai peserta dan terima kasih atas partisipasinya...
    :)

    ReplyDelete
  14. FAbulous. Korban kk yah? Kalau saya malah 'menyetani' adik. Bwahahahah
    sayang dia skrg dah ga aktif lg nge blog

    Btw suka sama nama blognya dan bannernya.

    ReplyDelete
  15. emang blogging adalah aktivitas yang menyenangkan...
    *teriak di atas kasur..hehe

    salam kenal mas :D

    ReplyDelete
  16. @Mamay Chan :. Iya, PSK. Kan singkatan dari Panggil Saya Kodok (o^_^o)

    @muamdisini :. Terima kasih, Ka. Semoga saya b'untung kali ini :D

    ReplyDelete
  17. @Catatan-catatan ringan :. Terima kasih, Ka (o^_^o)

    @Shireishou :. Hahahaa, begitulah :p Wah, ini contoh kaka yg "baik" nih :#

    Wahahaaa, terima kasih sangat (o^_^o)

    ReplyDelete
  18. Nice post.. bloggging emang yahuttt :)

    ReplyDelete
  19. good good..
    pengeeen deh aktif d bolg. ajarin cara2nya klo ada yang g ngerti ^^

    ReplyDelete
  20. @rineva sipsipsiiiip. ayo mulai blogging, siap membantu nih :D Hhahahaaa :3

    ReplyDelete
  21. sipsip :D
    tapi sepertinya minggu2 ini istirahat ngblog dulu deh, mau uas
    *baru jg mulai -___-

    ReplyDelete
  22. @eva :. Ahahahaaaa, semangat UASnya kakaaaaa (o^_^o)/

    ReplyDelete
  23. kok nama blognya noervous?? hehehe

    ReplyDelete
  24. @hima-rain :. Itu pelesetan dari nama saya, Ka :D

    Nur --> Noer + vous = Noervous (o^_^o)/

    ReplyDelete