Thursday, March 8, 2012

Belajar Bikin Komik itu ... [Isi Sendiri]


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Bismillaahirrahmaanirrahiim

Assalamu'alaikum^^

Dear Jenderal..

Sebentar, kayaknya ada yang sedikit beda deh. Apaan ya? Hmmmm. *ceritanya lagi mikir*
Eh iya baru sadar, tampilan blog-nya baru lagi euy. Hheheheee, walopun masih dalam proses rekonstruksi akibat terkena gempa 9,8 SR tapi bisa diliat dong banyak yang berubah di blog biru-biru putih ini :P Hhihihihihiii :) Gimana? Lebih minimalis trus terkesan membumi banget ya? Background-nya aja udah dibikin se-Indonesia mungkin , batik cap warna biruuu [walopun maksa-maksain sih].

Kalo mau tau hasil akhir make over blog saya ini tunggu aja beberapa hari lagi. Sebenernya sih tinggal bikin plus masang header blog yang barunya, cuma ya belum nemu konsep header yang barunya itu. So, bersabarlaaah :D
N[o]ervous Blog Under Construction

Oh, iya. Ada yang nyadar ga sih ada sesuatu [lagi] yang beda di awal postingan ini. Heheheheee, kalo kalian sering mampir ke blog Kemilau Cahaya Emas-nya Ka Maya, blog Cuap Cuap Dhynasaurus-nya Dina, sama blog [NOT] A Ciderella Story-nya Okky pasti apal sama kalimat pembuka mereka kalau mulai posting. Iyess, karena postingan kali ini ada hubungannya sama mereka-mereka jadi mohon izinnya ya kakak-kakak sekalian buat make kalimat pembuka masing-masing :P Hhihihiiiii ~

Eheeeem,
Di postingan kali ini saya bakal sedikit ngasih tips gimana cara bikin komik digital sederhana pake bantuan salah satu temen setia saya, Bang CorelDRAW (o^_^o)/

Apa-apa sajakah yang perlu disiapin sebelum mulai bikin komik digital sederhana ini?

Yang pertama, niat. Kenapa? Ya kalo gapunya niat sih gabakal jadi-jadi itu komik. Yang kedua, tekad. Kenapa [lagi]? Soalnya bikin komik digital ini bakal cepet ngebikin nyerah, mesti rada-rada sabar juga plus telaten. Yang ketiga, makanan-minuman (ringan ataupun berat). Pastinya kita butuh energi buat nyelesein pekerjaan yang bagi sebagian orang ngebosenin ini. Yang keempat, bantal. Kalo udah ngantuk, bisa dipake buat tiduran sebentar atau juga bisa dipake bantalan duduk [lama-lama mantengin komputer bisa bikin panas pan***]. Yang terakhir, ............. [isi sendiri deh ya, udah kehabisan ide nih :P]

Oiya, yang di atas persiapan dari segi orangnya. Kalo dari alat-alat sama perkakas lainnya, standar aja sih. Siapin aja 1. Sketsa Komik [bikin sendiri pake coretan tangan, trus discan]; 2. Komputer yang nyala merata, anti hang, merk apa aja yang penting spek-nya sesuai buat software CorelDRAW; 3. Jangan lupa install dulu software CorelDRAW-nya [yang paling baru tuh CorelDRAW X6, kalo saya masih pake yang X4].

Persiapan udah, tinggal prakteknya. Karena saya orangnya agak males kalo mesti print screen tahap-tahap pengerjaannya trus juga supaya bisa lebih gampang belajarnya, saya sediain video tutorialnya di bawah sini. Lumayan, dapet bonus bisa denger suara asli saya. Hheheheheheheee :P





Gimana? Udah ngerti? Bisa dong ya dipraktekin sendiri. Heheheheee, sok lah dicobain :P

Oh iya, ada beberapa contoh gambar komik hasil permintaan Ka Maya, Dina, sama Okky yang pernah saya buat pake teknik sejenis yang udah saya kasih tau lewat video tutorial-nya. Ini dia hasilnya ...

Permintaan Ka Maya :
Kalo dibikin banner, mungkin terlalu lebar ya -____-"

Kalo yang ini, bisa diotak-atik lagi sama Ka Maya-nya :P

Permintaan Dina :
Katanya, Dina suka warna ungu :3
Dibungkus Kostum Dhynasaurus :D

Permintaan Okky :
Yang suka jalan-jalan ke blog-nya Okky pasti hapal :P
Salah satu personel Pasukan Kebaya-nya Okky (o^_^o)/
Ceileah, kalo diliat-liat ternyata lumayan kece juga *muji diri sendiri*
Hheheheee, ini masih teknik bikin komik yang sederhana sih. Kalo mau yang lebih kompleks, bisa googling deh tentang Digital Painting atau bisa berguru sama ahli-ahli yang mumpuni contohnya di blog-nya Simple Looklet atau Bang Zazuli, atau yang lainnya juga banyak. Hheheheeee :P


PENTING!!! [capslock jebol]

Terakhir, tapi bukan yang paling akhir.Di video tutorial yang saya buat kan komiknya baru sebagian kecil [sedikit banget malahan] yang jadi. Kalo mau liat komik lengkapnya bisa klik di link ini.

Hehehheee, ceritanya saya lagi ngikutsertain komik itu di kompetisi Komik Berbahasa Daerah yang diselenggarain sama Sang Bara.

Jadi, jadi, jadi, bolehkah saya minta bantuan kawan-kawan sekalian (bagi yang punya Facebook) buat membubuhkan tanda LIKE-nya buat komik saya.

Caranya, klik dulu link ini lewat akun Facebook-nya masing-masing terus LIKE deh di foto yang ditampilin [ada nama saya plus judul komik saya di foto itu]
Sekali lagi, mohon bantuannya ya :D
Terima kasih sebelum dan sesudahnya....

Stay Calm and Keep Smile (o^_^o)/

Jangan lupa LIKE-nya :)

56 comments:

  1. aaaaaaaaaaaahhhhhh jd km toh yg bkin >,<
    BAGUUUUUUUUUSSSSSSSSss....mau dooooooooonk >,<

    ups..ada org :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehee, iya ka :P
      mau ta'bikinin tah? :)
      menyusul ya, Kaaaaa :D

      Delete
    2. kalo pake PS gimana?kasih link download coreldrawny donk?tp yg free...

      Delete
    3. kalo di photoshop sih masih belum begitu bisa eh.
      nanti mungkin kalo udah agak mahir bisa dibagi lagi :)

      kalo corelDRAW, bisa download di sini --> http://www.remo-xp.com/2010/03/download-coreldraw-x5-full.html

      [tak bermaksud membudayakan bajakan]

      Delete
    4. itu beratnya berapa yah?trus lama downloadny jg brp?ak lg dwnload PS 5,dr jm 6 td belom kelar2...

      Delete
    5. gatau juga tah, ada mungkin 1 GB mah.
      weeew, koneksinya musti stabil sih -_-"
      apalgi kapasistasnya gede...

      Delete
  2. hmm.. biru putih ya.. keren..
    salam dari biru putih catatan mahasiswa gayo dan hijau putih cyber world innovations

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheheee, iya masbro :D
      salaaaam [juga] (o^_^o)/

      Delete
  3. aku tu susahnya yang gambar bang . . .. belom bisa berimajinasi kemana-mana. . . apalagi ndak da scan. . . haduh. . . serba kekurangan deh. . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah? ayo sih, dicoba :D sedikit2 jg nanti bisa :)
      imajinasi itu datang gadijemput, pulang gamau balik. natural :D

      tanpa scanner jg bisa, dulu sempet pake kamera hape loh :D walopun agak susah, tapi hasilnya lumayan juga ko :)

      semanggi!!! *semangat tinggi*

      Delete
    2. mirip mirip jaelangkung dong. . . . hehehehe

      pake HP caranya gimana bang. . .???

      Delete
    3. hahahahaa, ya gitu deh :P

      difoto biasa -____-"
      cuma emg agak kabur nanti gambarnya.

      Delete
    4. aku dibuatin abang aja deh. . ..

      Delete
    5. udah sabar banget nih bang nur. . . hehehehhe

      Delete
  4. aje gile, suara ente merdu juga ya sob, makasih sob udah di ajarin, makyusss :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe, gini2 juga mantan vokalis band gajadi waktu SMP :P
      oke, selamat mencoba (o^_^o)/

      Delete
  5. ya Allah ya Rabb... masyaAllah...
    manis sekali ^^ suka~
    aku mau pakai buat link :D asiiikkk
    *hambur-hambur terima kasih

    you're really something, nur
    great job!

    ehem, aku gak tahu ngegambar
    tapi tutorialnya udah aku download
    sapatahu sapatahu lebih baik lebih baik
    ada suaranya dalam bahasa indonesia lagi =)
    membantu diriku yang pemula dan bodoh ini

    overal, really really thank you
    wahhh aku dikelilingi dengan orang-orang kreatif
    \(^o^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaaa, senang bisa melalukan sesuatu buat orang lain :)
      hheheheheee...

      makasih atas pujiannya, ka Maya :D

      ayo, sama2 belajar juga :)
      gausah merendah gitu deh, Ka. kaka itu sesuatu :3
      hhihihiiii...

      sipsipsip :D
      semoga bisa diterima dengan baik (o^_^o)/

      Delete
    2. tok! tok! tok!
      nur~ gambarnya udah aku pakai sebagai banner link
      terus aku pajang di sini juga ^^
      http://www.nurmayantizain.com/2012/03/peserta-giveaway.html
      manis kan? hohoho *kaget, ternyata aku punya sayap
      \(^-^)/ terima kasih yaaaa

      Delete
  6. wahhh kerennn >,< ajarin dong *maksa bawa pisau*

    kreatif bgt... salut! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih, kakaaa :D
      hheheheee, baru bisa sebates segitu aja ka. yg expert sih belum nyampe -_-"

      Delete
  7. huwooooooooooh keyeeeeeen..
    Sukasuka.
    Dulu pernah belajar corel tapi lupa :(

    Blognya makin keren nih pak guru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. awawawaw, mu'ucieh eaaa :D
      #Mendadak4L4Y

      belajar lagi atuh :P hahahaa :D

      alhamdulillah deh ya, bu guru :P

      Delete
  8. hooooo kakkoi da :D
    mantaaaaaaap. . .
    its awesome

    ReplyDelete
  9. ciee..header nya gonta ganti mulu.. :)
    unyu2 juga gambarnya,,
    buatku mana noer #tampang ngarep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu header sementara -_-"
      masih galau nih buat desain header-nya --a

      Delete
  10. waaah keren,,..aku juga niat ganti template...tapi nuansanya hijauputih....
    kunjungan perdana,salam ukhuwah^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu juga saya pake warna hijau, tpi skrng lbh suka make warna biru buat di blog ini :D

      salaaaam ^^d

      Delete
  11. MasyaAllah... kereeeen!!

    HEBAT ya si Nur.. ^^

    aku jdi pengen transfer ilmunya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, syukron katsiron mbae :D

      ayo, mba sipain dulu bluetooth-nya :P

      Delete
    2. hha.. aku gak punya bluetooth ^^

      kalo telepati bisa gak yaaa?? =D

      Delete
    3. yaelah? -,-
      masa bluetooth aja ga ada --"
      ckckck, yowish deh ta'cobain pake telepati. tapi ga nanggung bisa nyampe atau engga ya :P

      Delete
  12. Oh, kamu ikutan Sangbara juga yah? Sama, saya juga...
    :p
    Ini link-nya: http://sangbara.com/komik/037fikri/

    Tapi karena saya bikinnya buru2 (gara2 sibuk mau wisuda), jd hasilnya pas-pasan. Terus, saya juga nggak ngepromosiin ke siapa-siapa. Males...
    :D

    Saya juga bikinnya pake Corel. Tapi langsung bikin pake mouse tanpa sketsa. Nggak punya scanner sih (pengennya pake pen-tablet, tp harganya bikin mual)...
    :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wawahwah, ganyangka ternyata mas-nya juga ikutan.
      jadi minder saya-nya saingan sama senior -____-"

      yakin itu pas2an??? --a
      bagus banget itu maaasss *_*

      hhahahahahaaaa, pake yg ada aja dulu lah mas ya :P

      Delete
    2. Iya, yakin...
      Saya pernah bikin yg lebih bagus dr itu kok...
      :p

      Iya, pake yg ada dulu aja. Kita sama2 belajar yah...
      :D

      Btw, cara bikin balesan komen kayak gini, gimana caranya?
      :)

      Delete
    3. ya, dan saya juga yakin kalo anda bisa lbh keren dari yg itu -____-"

      yo'aaa, maklum lah. saya msh newbie :P

      kalo komen yg kyk gini kan udh bawaan dri blogspot-nya mas :D
      bisa liat disini --> http://www.honeylizious.com/2012/01/cara-mengubah-kotak-komentar-blogger.html

      Delete
  13. berkunjung ka hehe
    mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu juga hihi
    gambarnya lucu kakaaaaaaaaaaaaaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih makasih makasih :D
      waaaw, bersabarlah nak :P

      Delete
  14. gambarnya lucu2...... mau donk dibuatin. hihi :)

    ReplyDelete
  15. Lucu gambarnya >_<
    buatin aku satu ya ^_^
    haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaaa, makasih syafira :P #eh
      hmmmm, gmna ya? :P

      Delete
  16. Imutnya gambar komik hasil permintaan Kak Maya.
    Boleh minta dibuatin? /eh Haha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahahaaaa :P
      makasih makasih makasih :P
      hmmmm. boleh boleh aja :)

      Delete
  17. Wah keren cara buat komiknya...
    Saya buat dengan teknik begitu juga di sini. Tapi, saya tidak tahu pakai Corel. Saya tahunya pakai Flash 8. Dan saya tidak suka garis, makanya di karya saya saya hilangkan garisnya semua... Tapi bagus ya kayaknya pakai Corel...

    Eniwey, selamat Ultah ya... (saya nulis komentar ini kebetulan pada 13 Maret 2012 pukul 00.02 WITA)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuidiiiih, sumpah. keren banget mas itu gambarnya :D saya sampe ngiler pengen bisa :D
      hhahahaaa :D kapan2 ajarin bisa dong ya :P

      waaaaw, terima kasih ya :D
      heheheeee :)

      Delete
  18. salam knal ^^
    nyimak dulu, baru disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga ^^d
      yu'ah, silahkan dilihat2 :D

      Delete
  19. tukeran doodle ayoook :D
    hehe
    Waah, nice tutor... Cm krn modemku lola nggak bisa lgsg nntn nih,,jadi harus di download dulu.
    Skalian belajar pake corel draw...

    ReplyDelete
  20. Jadi menggambar dan ngeditnya pakai corel draw ya. Tak kirain pakai painy bawaan wondows doang sama photoshop. Gambarnya imajinatif sob.

    ReplyDelete
  21. ayo kembangin lagi sob... kalo bisa dibikin animasinya :P

    ReplyDelete
  22. boleh dong di share lagi tutorialnya,,

    ReplyDelete